Saturday, October 31, 2009

Antara IT dan IS

Saya yakin dua istilah ini tidak asing lagi bagi rekan-rekan yang berlatarbelakang pendidikan dari Teknik Informatika, Teknik Komputer, Ilmu Komputer, Sistem Informasi ataupun Manajemen Informatika.
Kedua kata ini juga tidak asing lagi dilingkungan perkantoran yang telah menggunakan komputer sebagai alat bantu ataupun di masyarakat umum pengguna komputer, terlebih lagi dikalangan pebisnis komputer.
Namun kenyataannya banyak yang tidak dapat menjelaskan dimana perbedaan mendasar dari kedua istilah tersebut, "IT" dan "IS", sama? beda? atau bagaimana?
Dari pengalaman saya, beberapa perusahaan yang telah menggunakan komputer dan teknologinya sebagai alat bantu untuk proses administrasi dan proses bisnisnya bahkan sesungguhnya tidak memahami betul perbedaan mendasar dari kedua kata tersebut. Hal ini yang kadang membuat perusahaan menyusun struktur jabatan yang kurang tepat untuk departemen yang bertugas menangani hal-hal yang berhubungan dengan komputer dan teknologinya.
Pada artikel ini saya ingin mencoba sharing apa yang saya ketahui dan pendapat saya mengenai dua kata tersebut. Kemungkinan besar rekan-rekan lain punya point of view yang berbeda sehingga mempunyai pendapat yang berbeda pula, silahkan dishare aja...
Saya hanya ingin focus pada perngertian mendasar dari "IT" dan "IS", terlepas dari jabatan-jabatan spesialisasi seperti: programmer (system programmer, application programmer, dll), network engineer, database administrator, system engineer, application support technician, multimedia designer, dan lainnya.

IT (Information Technology) menurut wikipedia.org: "the study, design, development, implementation, support or management of computer-based information systems, particularly software applications and computer hardware." kalau saya simpulkan adalah hal-hal yang berhubungan langsung dengan komputer dan teknologinya termasuk software dan komunikasi dalam hal desain, pengembangan, implementasi dan support.

IS (Information System) menurut wikipedia.org: "refer to the interaction between people, processes, data and technology, is a work system whose activities are devoted to processing (capturing, transmitting, storing, retrieving, manipulating and displaying) information." kalau saya simpulkan adalah hal-hal yang berhubungan dengan manusia, proses/prosedur, data dan teknologi yang digunakan dalam hal keserasian, pengorganisasian, mutu dan tatacara penggunaan.

Dalam beberapa artikel yang saya baca juga memyampaikan arti yang pada dasarnya sama dengan diatas. Beberapa artikel lain juga menekankan IT pada teknologi dan IS pada manajemen sehingga kalau ditelusuri maka pada lingkup IT akan terkait: software engineering, networking dan communication, sedangkan pada lingkup IS akan terkait: business proccess analyst, management dan financial. Yang pasti adalah IT dan IS berbeda tetapi saling bersinergi dan sama-sama adalah turunan dari Ilmu Informatika (Informatics).

Sebenarnya kita juga dapat membedakan pengertian dari kata dasarya yang berbeda: teknologi dari IT dan sistem dari IS. Coba cari definisinya masing-masing: teknologi adalah... dan sistem adalah...
Mudah-mudahan rekan-rekan tidak bertambah bingung...

Menurut saya perusahaan-perusahaan yang besar sebaiknya membedakan dua hal tersebut dengan membentuk departemen yang berbeda, misalnya departemen IT dan departemen MIS dan menempatkan spesialis yang sesuai bidangnya.

Salam Smart.

No comments:

Post a Comment